Manufaktur

Inalum Tingkatkan Kapasitas Produksi dan Diversifikasi

Industri tengah dan hilir membutuhkan 800.000 ton aluminium dengan berbagai bentuk, sedangkan PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) maksimal hanya mampu memproduksi sekitar 265.000 ton per tahun.

2019-05-15

Manufaktur

Diserbu Produk China, Industri Sepeda Keteteran

Maraknya impor sepeda dari China menyebabkan situasi dalam negeri tidak kondusif untuk pengembangan industri, menyusul penurunan bea masuk impor sejak tahun lalu.

2019-05-16

Manufaktur

Terdesak Produk China, Produsen Sepeda Pertimbangkan Jadi Importir

Industri sepeda nasional mulai terdesak menghadapi serbuan produk dari China, menyusul penurunan bea masuk impor sejak tahun lalu. Produsen pun mempertimbangkan untuk banting setir menjadi importir.

2019-05-16

Manufaktur

Diserbu Produk China, Kemenperin : Industri Sepeda Masih Berpotensi Tumbuh

Maraknya produk impor dari China menyebabkan produsen sepeda terdesak. Namun, pemerintah menilai industri nasional masih berpeluang untuk bertumbuh. Apa alasannya?

2019-05-16

Manufaktur

Mark Dynamics Indonesia Bangun Pabrik Baru Cetakan Sarung Tangan

PT Mark Dynamics Indonesia, manufaktur cetakan sarung tangan (hand former) tengah membangun pabrik baru di Jalan Utama Desa Dalu X-A Kecamatan Tanjungmorawa, Deliserdang, sejalan dengan semakin banyaknya permintaan cetakan sarung tangan itu di pasar internasional, seperti Malaysia dan RRT.

2019-05-16

Manufaktur

Perang Dagang China vs AS : Lautan Luas (LTLS) Siap Manfaatkan Momentum

PT Lautan Luas Tbk. (LTLS), perusahaan kimia hilir terintegrasi, siap memanfaatkan momentum perang dagang China vs Amerika Serikat sebagai peluang pertumbuhan produksi perseroan.

2019-05-16

Manufaktur

Perang Dagang China vs AS : Lautan Luas (LTLS) Pacu Bisnis Logistik

LTLS merupakan perusahaan kimia hilir terintegrasi yang menyediakan bahan baku untuk industri lainnya, dengan lebih dari 2.000 pelanggan industri di Asia Pasifik.

2019-05-16

Manufaktur

Perang Dagang China vs AS : Produksi Kertas Indonesia Akan Tumbuh

Industri pulp dan kertas diproyeksi akan tumbuh secara organik pada tahun ini. Selain itu, sebagian pihak memandang peningkatan eskalasi perang dagang China-Amerika Serikat tidak berpengaruh kepada industri kertas nasional.

2019-05-16

Manufaktur

Perang Dagang AS vs China : RAPP Optimistis Bisnis Kertas Bertumbuh

Eskalasi perang dagang Amerika Serikat vs China diyakini tidak berpengaruh kepada industri kertas nasional. PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) tetap optimistis terhadap pertumbuhan bisnisnya, meski tidak akan menambah kapasitas produksi tahun ini.

2019-05-16

Manufaktur

Ekspansi Pasar, Semen Baturaja Proyeksikan Penjualan Naik Lagi

Pengembangan pasar di luar area Sumatra bagian selatan, yang menjadi fokus perseroan selama ini, antara lain ke Bangka Belitung dan Jambi. Ekspansi pasar ke Bangka Belitung telah dimulai sejak November 2017 dan saat ini market share di kawasan ini telah mencapai 5%.

2019-05-16

Manufaktur

Kuartal II 2019, Industri Semen Diproyeksi Tertekan

Asosiasi Semen Indonesia (ASI) memproyeksikan industri semen nasional sepanjang kuartal II/2019 akan tertekan, setelah konsumsi semen domestik pada April turun 9,8% atau 4,8 juta ton.

2019-05-17

Manufaktur

Semen Indonesia, Indocement Akan Setop Beberapa Unit Produksi

Dua pabrik semen, yakni PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. dan PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk., akan menghentikan beberapa unit produksinya lantaran gudang penampungan sudah penuh, di tengah konsumsi pasar melambat.

2019-05-17

Manufaktur

Pasar Domestik Lesu, Ekspor Semen Indonesia Melejit

Di tengah permintaan dalam negeri yang menurunan, permintaan ekspor terhadap produk semen Indonesia melonjak pada periode Januari—April 2019.

2019-05-17

Manufaktur

Menteri BUMN Jajaki Kerja Sama Inalum dan Pabrikan China

Menteri BUMN RI Rini Soemarno menjajaki kerja sama Inalum dengan Zhejiang Huayou Cobalt Company Ltd., produsen terbesar di dunia untuk material baterai yang digunakan untuk kendaraan listrik.

2019-05-17

Manufaktur

Cari Mitra Strategis, Inalum Nilai Produsen China Berpengalaman

PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) (Inalum) sebagai entitas holding industri pertambangan telah mengunjungi produsen bahan baku baterai kendaraan listrik di dunia Zhejiang Huayou Cobalt Company Ltd.. Perseroan menilai Huayou sebagai calon mitra strategis dalam produksi bahan baku baterai kendaraan listrik.

2019-05-17

Manufaktur

Industri Usulkan Pungutan Ekspor Sawit Diberlakukan Kembali

Pelaku industri hilir minta pemerintah untuk menerapkan lagi pungutan ekspor sawit bagi produk hulu dan hilir sebab jika terus ditunda banyak pabrik pengolahan sawit (refineri) yang bakalan mangkrak dan ekspor sulit bersaing.

2019-05-17

Manufaktur

KEIN Ingatkan Hilirisasi Sawit Penting Tingkatkan Nilai Tambah Ekspor

Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) mengingatkan bahwa hilirisasi produk sawit atau tandan buah segar (TBS) sawit penting dilakukan untuk meningkatkan nilai tambah ekspor, mengingat komoditas ini menjadi andalan ekspor Indonesia.

2019-05-17

Manufaktur

Kemenperin: Generasi Milenial Jadi Kunci

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menilai generasi milenial berperan penting dalam menerapkan industri 4.0. Pasalnya, 130 juta generasi milenial berusia produktif. Dengan kata lain, generasi milenial berkesempatan mengembangkan bisnis di era digital.

2019-05-18

Manufaktur

Produk Kacamata akan Dikenai SNI

Kementerian Perindustrian berencana untuk memberlakukan Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk produk kacamata.

2019-05-18

Manufaktur

Pasar Domestik Masih Potensial, Kemenperin Kembangkan Industri Kacamata

Kementerian Perindustrian genjot investasi dan ekspansi industri kacamata dalam negeri.

2019-05-18