Masjid-Masjid Tertua dan Arsitektur Unik di Indonesia

May 10, 2019

JAKARTA - Agama Islam diperkirakan mulai masuk ke Nusantara sekitar abad ke-11. Sejak saat itu, Islam terus berkembang hingga menjadi agama terbesar di Indonesia.

Perkembangan Islam di Tanah Air dibuktikan dengan berdirinya banyak masjid di berbagai daerah.

Berikut 10 masjid tertua di Indonesia.

MASJID SAKA TUNGGAL, BANYUMAS JAWA TENGAH (1288)

Masjid Saka Tunggal berlokasi di Jawa Tengah, tepatnya di Desa Cikakak kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas. Tiang Utama (Saka Guru) masjid ini mencatat tentang tahun berdirinya, yaitu pada 1288. Sebenarnya keterangan lengkap tentang berdirinya masjid ini tertulis dalam buku-buku yang dibuat oleh Kyai Mustolih yang juga pendiri masjid. Tapi sayang buku ini sudah hilang entah ke mana. Masjid ini disebut Saka Tunggal karena awalnya tiang yang digunakan untuk membangun masjid ini memang hanya satu. Pilar tunggal ini kabarnya melambangkan bahwa hanya ada satu Tuhan yaitu Allah SWT.

Masjid Al-Hilal adalah salah satu masjid tertua di Sulawesi Selatan. Masjid ini juga disebut dengan masjid Katangka karena bahan baku dasar pembuatan masjid ini diyakini diambil dari pohon Katangka. Masjid ini dulunya adalah masjid Kerajaan Gowa dan terletak di sebelah utara kompleks makam Sultan Hasanuddin. Makam ini diyakini dulunya adalah tempat berdirinya istana Tamalate, istana raja Gowa saat itu.

Topics:

Related Articles