Ibu Kota RI Siap Dipindahkan, Simak Fakta-Fakta Menariknya

May 12, 2019

JAKARTA - Rencana pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke luar Pulau Jawa dimasukan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Dengan hal tersebut, semakin menguatkan realisasi pemindahan ibu kota dalam lima tahun mendatang.

pun merangkum sejumlah fakta menarik terkait rencana pemindahan ibu kota. Berikut fakta-fakta, Minggu (12/5/2019):

1. Ibu Kota RI Siap Dipindahkan

Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, nantinya pemerintah akan menyesuaikan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) sejalan dengan tahun pelaksanaan pelaksanaan pemindahan Ibu Kota.

"Ketika sudah jelas kapan pelaksanaannya, akan kita lakukan penyesuaian untuk masuk RKP pada tahun bersangkutan," kata dia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan rombongan mengunjungi Bukit Soeharto, yang terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim).

Presiden Jokowi menegaskan, bahwa ada 3 (tiga) lokasi alternatif pemindahan lokasi ibukota RI dari Jakarta. Salah satunya adalah Bukit Soeharto itu. Sedang 2 (dua) tempat lainnya juga akan ditinjaunya.

Menurut Presiden, setelah kunjungan dirinya dan sejumlah menteri, nantinya akan ada tim ke lapangan lagi untuk melakukan kajian lebih detil lagi.

"Ini harus sangat terencana, sangat matang, sehingga saat memutuskan itu betul-betul kondisinya betul-betul benar, gitu lho," tegas Presiden.

Topics:

Related Articles