Jurus Jokowi Jadikan Ekonomi RI Terkuat Keempat di Dunia pada 2045

May 09, 2019

JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengingkan agar Indonesia bisa menjadi negara nomor empat ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045. Untuk merealisasikan hal tersebut ada sejumlah tantangan yang menghadang.

Sebab menurut Jokowi, untuk menjadi negara dengan ekonomi terkuat di dunia diperlukan usaha yang keras. Tidak bisa dilakukan dengan cara yang biasa-biasa saja.

"Jangan dipikir kita biasa-biasa saja tahu-tahu masuk empat besar ekonomi terkuat di dunia enggak ada rumus seperti itu," ujarnya dalam acara Murambengnas di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (9/5/2019).

Menurutnya, saat ini proses perizinan masih sangat berbelit sekali. Padahal dirinya selalu mengimbau kepada pemerintah pusat maupun daerah untuk menyederhanakan perizinan.

"Kedua reformasi struktural birokrasi harus betul-betul kita jalankan. Kelembagaan harus disederhanakan, perizinan harus kita potong," katanya.

Lalu tantangan ketiga yang harus dihadapi adalah masalah Sumber Daya Manusia (SDM). Menurut Jokowi, pemerintah akan mendorong peningkatan skill SDM, sebab selama ini tingkat pendidikan dari tenaga kerja Indonesia masih sangat rendah sekali.

"Yang ketiga pembangunan SDM harus bisa kita selesaikan. Data terakhir kemarin tenaga kerja kita 51% lulusan SD. persoalan harus kita selesaikan," ucapnya.


Related Articles